Universitas Mercu Buana

Data jurnal ilmiah FIFO online untuk membantu sarjana dan peneliti mempublikasikan artikel mereka.

Pembuatan Aplikasi Untuk Evaluasi Data Dispute Settlement Interkoneksi Advanced Service PT Telkom

Di pos oleh deyani -

Volume

Volume III/No.1/Mei/2011

Abstrak

Seiring dengan Visi Perusahaan untuk menjadi perusahaan Infocom yang leading di kawasan regional, PT Telkom terus berbenah untuk meningkatkan layanan dan meningkatkan pendapatan usahanya. Salah satu improvement yang dilakukan adalah pengelolaan bisnis interkoneksi untuk layanan Advance Service. Layanan ini adalah layanan Telkom berbasis IN (lntelegent Network) yang dimanfaatkan oleh pelanggan OLO (Other Licence Operator) yang telah melakukan kerja sama dengan Telkom sebagai pemakai layanan ini. Dengan demikian terjadi bisnis interkoneksi advance service antara Telkom dan OLO. Sebagaimana diatur dalam DPI (Dokumen Penawaran lnterkoneksi) Telkom yang tertuang dalam PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Telkom dan OLO, kansekuensi dalam bisnis ini berbentu hak dan kewajiban dari kedua belah pihak untuk menyelesaian settlement hak dan kewajiban interkoneksi setiap bulan. Jika terjadi selisih nilai settlement di atas nilai kesepakatan maka terjadi dispute dan harus diselesaikan kedua belah pihak melalui rekonsiliasi. Untuk mendukung proses rekonsiliasi ini perlu dilakukan komparasi data (pembandingan), pemetaan, dan evaluasi terhadap penyebab dispute dominan. Hasil evaluasi komparasi data ini akan dijadikan rekomendasi untuk penyelesaian dispute dalam forum rekonsiliasi. Penelitian ini dibuat untuk menghasilkan sebuah aplikasi yang dapat melakukan komparasi data detil dispute settlement trafik interkoneksi Advanced Service PT Telkom dan menyajikan laporan hasil evaluasi penyebab dispute yang dominan yang selanjutnya dapat dijadikan rekomendasi bagi unit AM (Account Management) guna mempercepal penyelesaian dispute settlement Advanced Service PT Telkom. Hasil Evaluasi sistem untuk data ujicoba,terdapat 9 group penyebab dominan selisih data sama. Penyebab data sama adalah selisih durasi antara pencatatan Telkom dan OLO. Nilai kontribusi penyebab dispute dominan data sama terhadap nilai rupiah Hak adalah 0.81%. Terdapat 3 group penyebab dominan selisih data beda. Dari ketiga group tersebut sistem akan memilih kondisi sebagai penyebab selisih terbesar. I-lasilnya sistem memilih bahwa penyebab selisih terbesar adalah Unrecord pada B number.

Tahun

2011

Penulis

Ratna Mutu Manikam, Arief Suwandi, Dedhy Susamto

Keyword

Dispute Settlement, Evaluasi, Komparasi, Pemetaan

File