Universitas Mercu Buana

Data jurnal ilmiah FIFO online untuk membantu sarjana dan peneliti mempublikasikan artikel mereka.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran Secara E-Learning Studi Kasus: Universitas Mercu Buana Jakarta

Di pos oleh tiandii -

Volume

Volume II/No. 1/Mei/2010

Abstrak

Pesatnya perkembangan Teknologi Komunikasi dan informasi akan merubah model dan pola pembelajaran pada dunia pendidikan. Mengacu kepada hal tersebut, Universitas Mercu Buana terdorong untuk mencari alternatif sistem pendidikan untuk mengubah budaya belajar di dalam kelas dengan menerapkan sistem pembelajaran e-learning. Dengan tujuan agar hasif belajar mahasiswa/i menjadi maksimal, karena tidak hanya dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan terbatas hanya di kelas saja, namun dapat juga mengakses-nya melalui internet. Untuk itulah penulis melakukan penelitian dengan judul "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Dalam Proses Pembelajaran Secara E-Learning: Studi Kasus di Universitas Mercu Buana''. Penelitian ini akan menggunakan metode Deskriptif dengan pendekatan survey. Pengumpulan data dilakukan melalui soal tes yang diberikan kepada mahasiswa/i yang telah mengikuti perkuliahan secara e-learning. Berdasarkan rumus Slovin didapat minimum 99, namun peneliti mengambif sampel penelitian sebanyak 190 responden. Pengolahan dan analisis data yang diperoleh dilakukan dengan beberapa pengujian yaitu uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui apakah setiap item pertanyaan dalam kuesioner tersebut valid dan reliabel. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Sedangkan untuk mengetahui ada tidak pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan analisis statistik korelasi. Pengolahan dan analisis data pada penefitian ini memanfaatkan perangkat lunak SPSS 15.0 for windows pada taraf kepercayaan 95%. Berdasarkan hasi pengujian hipotesis menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh secara nyata dan signifikan antara ketiga variabef bebas yaitu Kemandirian dalam belajar (Xl), Minat dan ketajaman perhatian dalam belajar (X2), dan Berpresrasi dalam belajar (X3) terhadap variabel terikat yaitu Motivasi (Y). (Fhilling =173,508 pada taraf signifikansi 0,05); (2) Besarnya pengaruh ketiga variabel ditunjukkan dengan nilai Adjusted R Square = 0,732 (73,2%) terhadap motivasi sedangkan 26,8% dipengaruhi oleh faktor lain.

Tahun

2010

Penulis

Hari Setiyani

Keyword

E-learning, Motivasi

File