Pengaruh Motivasi Terhadap Niat Pembelian Online Games dan Barang Virtual yang Disediakan oleh Penyedia Online Games
Di pos oleh deyani -
Volume
Abstrak
Perkembangan online games sangat tinggi, sehingga banyak perusahaan yang membuat permainan. Untuk meningkatkan daya saing, maka dibutuhkan pelayanan extra kepada para pelanggannya. Sebelum memberikan pelayanan, maka penyedia online games harus mengetahui faktor apa yang memotivasi pemain untuk membeli online games dan barang virtual yang disajikan yang berguna untuk menaikkan daya saing. Penelitian dilakukan dengan kasus online games Perfect world dimana wilayah responden adalah Jakarta dan tingkat usia antara 15 – 24 tahun. Pada penelitian ini melibatkan survei terhadap 186 responden dimana 30 responden adalah untuk pilot test sedangkan 156 adalah test aktual. Pengolahan data digunakan dengan SEM dimana variabel pengukurannya terdiri dari effort expectancy, performance expectancy, perceived value, enjoyment story, enjoyment length, enjoyment graphic, enjoyment control, customization, purchase intention dan actual purchase behaviour. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor motivasi yang memiliki pengaruh terhadap niat pembelian adalah perceived value, enjoyment story, enjoyment length, enjoyment control dan customization. Sementara purchase intention berpengaruh signifikan terhadap actual purchase behavior.Tahun
2013
Penulis
Sisca Stefany, Harisno
Keyword
Behaviour, Online Games, Perfect World, Purchase Behaviour, SEM