Metode e-Learning Guna Meningkatkan Knowledge Sharing Pada Program Diploma 3 (D3) Unggulan Universitas Budi Luhur
Di pos oleh fajar.masya -
Volume
Abstrak
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar berbasis Teknologi Informasi menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya yang dijembatani oleh teknologi internet. Konsep e-Learning memberi kemungkinan interaksi yang lebih intensif antara dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa didalam kelas maupun diluar kelas. Tujuan dari penulisan tesis dan penelitian ini adalah membantu D3 Unggulan Universitas Budi Luhur melakukan analisa dan mendapatkan variabel-variabel yang diperlukan untuk mengembangkan e-Learning D3 Unggulan serta strategi pengembangan e-Learning guna meningkatkan knowledge sharing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, sedangkan bentuk pendekatannya ialah studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara yaitu: observasi, wawancara dan studi banding. Sedangkan yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini adalah mahasiswa, dosen dan sistem e-Learning D3 Unggulan. Diharapkan dari hasil penelitian ini akan menemukan model e-Learning yang sesuai dengan Diploma 3 (D3) Unggulan dan strategi pengembangannya.Tahun
2013
Penulis
Anita Ratnasari
Keyword
e-Learning, strategi, knowledge sharing