Perencanaan Strategis Sistem Informasi Perusahaan Auto Dealer & Service : Studi Kasus PT Bam
Di pos oleh deyani -
Volume
Abstrak
Persaingan bisnis di era globalisasi dengan didukung kemajuan teknologi yang begitu cepat dan dibukanya perdagangan bebas serta diperbolehkannya impor mobil built-up, PT BAM merupakan perusahaan modal dalam negeri, yang bergerak dibidang penjualan dan layanan purna jual mobil merek tertentu harus siap menghadapi tantangan ini, untuk menjadi perusahaan yang dapat memuaskan dan kepercayaan pelanggan. Untuk menjadi perusahaan yang mempunyai keunggulan bersaing dan bertahan di masa datang, maka peranan sistem informasi dan teknologi sangat diperlukan sebagai dukungan terhadap strategi bisnis perusahaan, untuk itu perencanaan strategis sistem informasi sangat diperlukan agar implemetasi dan pengembangan SI/ TI terarah. Dengan metodologi Ward dan Peppard dan metode analisa pendukungnya yaitu Value Chain, Strategic Option Generator, PEST, 5Forces, dan SWOT analisis untuk mengana/isa lingkungan bisnis dan SI/Tl-nya, identifikasi strategi dengan matrik SWOT dan kebutuhan sistem informasi menggunakan CSF SWOT analysis Hasil dari penelitian ini berupa usulan renstra sistem informasi dan teknologi yaitu usulan portofolio aplikasi dan arsitektur sistem informasi, strategi teknologi yaitu dengan pengembangan infrastruktur dan strategi manajemen sistem informasi dan teknologi berupa perubahan struktur organisasi MlS divisi, serta perencanaan impementasi pada PT BAM untukjangka waktu 5 tahun kedepan.Tahun
2011
Penulis
Misbahul Fajri
Keyword
Perencanaan Strategis Sistem Informasi, Portfolio, Wardand Peppard