Penerapan Algoritma Apriori Untuk Memperoleh Assoc/A Tion Rul Antar Itemset Berdasarkan Periode Penjualan Dalam Satu Transaksi
Di pos oleh deyani -
Volume
Abstrak
Dalam dunia bisnis yang penuh persaingan menuntut seorang pengambil keputusan untuk melihat peluangpeluang yang dapat meningkatkan penjualan di perusahaannya. Salah satu unsur penting pendukung pengambilan keputusan adalah ketersediaan data transaksi dalam jumlah besar sebagai sumber informasi untuk analisis kecenderungan pola pembelian belanja konsumen. Untuk itu dalam penulisan ini dikembangkan aplikasi analisis association untuk mengekstraksi dan menginterpretasi pola kecenderungan produk-produk yang sering dibeli bersamaan pada periode penjualan tertentu dari data transaksi menggunakan algoritma apriori. Algoritma apriori ini akan membentuk frequent itemset sebanyak yang telah ditentukan sebelumnya berdasarkan dua parameter, support dan confidence, untuk menemukan aturan asosiasi antara suatu kombinasi item. Proses yang dilakukan diawali dengan persiapan data melalui preprocessing data kemudian ditransformasi ke dalam bentuk yang dapat diolah pada proses selanjutnya yaitu join dan prune hingga pembentukan association rules. Dari hasil pengujian, aplikasi yang dibangun mampu melakukan penerapan algoritma apriori dengan terbentuknya pola -pola frequent itemset dari data transaksi sebagai bahan analisis pola pembelian belanja konsumen.Tahun
2011
Penulis
Devi Fitrianah, Ade Hodijah
Keyword
Apriori, Association rules, Data Transaksi, Frequent Itemset