SIMULASI PENGATURAN LAMPU LALULINTAS BERDASARKAN LOGIKA FUZZY MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7.0
Di pos oleh deyani -
Volume
Abstrak
Pada umumnya sistem pengaturan lampu lalulintas yang selama ini dipergunakan adalah dengan melakukan pengaturan hanya berdasarkan waktu tetap. Oleh karena tingkat kepadatan pada persimpangan jalan tidak selalu sama, maka tentu saja tingkat kemacetan pada persimpangan jalan tidak dapat dikendalikan dengan baik. Sistem kendali adaptif melakukan pengaturan berdasarkan pada tingkat kepadatan kendaraan yang melewati jalan tersebut, dimana sistem pengaturannya tidak konstan dan akan mengikuti perubahan tingkat kepadatan kendaraan pada persimpangan jalan. Panjangnya antrian pada persimpangan jalan menunjukkan tingkat kepadatan kendaraan. Prinsip kerja sistem pengaturan lampu lalulintas yang dibuat disini adalah berdasarkan kerja sensor untuk mengkonversi satuan frekuensi dan di olah menggunakan logika fuzzy sehingga menghasilkan output ke lampu lalulintas, sensor yang digunakan disini adalah sensor sederhana yang akan mendeteksi banyaknya kendaraan yang masuk pada jalur yang dilaluinya. Jika tingkat kepadatan kendaraan pada persimpangan jalan adalah padat, maka lampu hijau akan menyala lebih lama. Jika tingkat kepadatan kendaraan pada persimpangan adalah normal maka lampu hijau akan menyala lebih singkat, dan jika tingkat kepadatan kendaraan pada persimpangan jalan hanya sedikit maka lampu hijau akan menyala sangat singkat.Tahun
2009
Penulis
Nur Ani, Achmad Kodar, Jemala Indahdin
Keyword
Lampu Lalulintas, Sensor, Logika Fuzzy